Kuliah Umum Media Relations Prodi Administrasi FE UNY Hadirkan Sales Executive PT. Garuda Indonesia

Prodi Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta menggelar Kuliah Umum dengan menghadirkan dosen praktisi dari PT. Garuda Indonesia. Pengampu mata kuliah Media Relations Voettie Wisataone, menyatakan bahwa, kuliah bersama dosen praktisi ini bertujuan agar mahasiswa/i dapat menggali secara langsung kegiatan praktisi di lapangan. “Kalau kemarin mahasiswa mempelajari teori, kali ini bisa menanyakan secara langsung kepada praktisi,” terangnya dalam kuliah umum daring, Senin (5/10).

Pada kesempatan tersebut Titis Panularsih, Sales Executive PT. Garuda Indonesia memaparkan aktivitas Public Relations (PR) Garuda Indonesia yang berhubungan dengan media atau media relations. Di akhir pemaparannya, Titis juga memberikan kasus-kasus genting yang pernah dihadapi oleh Garuda Indonesia dan bagaimana mereka menghadapi krisis tersebut. Salah satunya adalah bagaimana Garuda Indonesia tetap ‘hidup’ di tengah pandemi. Lebih khusus, ia menerangkan PR harus mempertahankan kepercayaan masyarakat terhadap layanan Garuda Indonesia di tengah penyebaran covid-19. 

”Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bagaimana kami sangat memperhatikan keamanan penumpang,” ujarnya. 

Ia menggambarkan upaya yang dilakukan Garuda Indonesia, diantaranya melalui pengecekan kesehatan berlapis. Garuda Indonesia juga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang. ”Kami menyediakan tempat khusus bagi penumpang yang merasa tidak enak badan. Kemudian, kami menggunakan filter HEPA untuk menyaring udara secara berkala,” ujarnya menjelaskan. 

Kuliah umum ini diikuti 90 mahasiswa angkatan 2019 dengan antusias. Sejumlah pertanyaan langsung muncul dikolom komentar sesaat setelah dosen pengampu membuka sesi tanya jawab. Pertanyaan yang diutarakan berhubungan erat dengan kinerja PR, krisis di Garuda Indonesia, dan keprofesian (magang dan bekerja di Garuda Indonesia). Diantaranya, Tasha Christine yang menanyakan kebijakan Garuda Indonesia untuk penerbangan Internasional dan Domestik di tengah pandemi. Pertanyaan juga disampaikan Hendi yang penasaran bagaimana PR menghadapi berita negative di media massa. [Sigit]