Tim Dosen Berkegiatan di Luar Kampus Mengadakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah di SMK Negeri 1 Wonosari

Pengembangan kompetensi guru merupakan sebuah kebutuhan yang harus dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas guru di Indonesia. Salah satu tuntutan pengembangan profesi Guru adalah meningkatkan kemampuan penulisan karya ilmiah. Karya ilmiah merupakan pemaparan pendapat, hasil dari pengamatan karya lainnya, sebuah tinajaun dan penelitian dalam bidang tertentu yang disusun secara sistematis serta menurut metode dan mengikuti sistematika penulisan dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Menulis karya ilmiah sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan pengetahuan, masyarakat, praktisi, peneliti, dosen ataupun guru lainnya akan mendapatkan keterbaruan dari sebuah karya ilmiah. Selain itu karya ilmiah juga dapat menjadi inspirasi bagi penulis lain untuk mengulas atau mengembangkan ide yang telah ditulis Dengan besarnya tuntutan akan pengembangan diri terutama dalam menulis sangat penting untuk ditingkatkan. Pada kenyataannya banyak guru yang mengalami kendala yang dihadapi oleh guru dalam menulis karya ilmiah.

Dengan berbagai keterbatasan di atas tim dosen berkegiatan di luar kampus dengan tema pengabdian kepada masyarakat dari Departemen Pendidikan Administrasi mengadakan kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah. Kegiatan ini dilakukan secara simultan oleh dua tim yaitu tim pertama dengan judul PkM "Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru SMK Negeri 1 Wonosari Gunung Kidul" yang diketuai oleh Arwan Nur Ramadhan, M.Pd dengan anggota Riana Isti Muslikhah, M.Pd., Prof. Muhyadi, dan Dr. Siti Umi Khayatun Mardiyah, M.Pd. Sedangkan tim kedua dengan judul PkM "Pemberdayaan Guru SMK Wonosari Melaui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah" diketuai oleh Dr. Sutirman, M.Pd dengan anggota Muslikhah Dwihartanti, M.Pd., Yuliansah, M.Pd dan Dra. Rr. Kumala Sri Wahyu Gahara. Kegiatan pengabdian dilakukan dari tanggal 12 Juli 2023 dan 14 Juli 2023.

Kegiatan PkM dihadiri oleh 30 orang guru SMK Negeri 1 Wonosari, dengan pembicara yaitu Arwan Nur Ramadhan, M.Pd dan Prof Muhyadi mengangkat tentang macam-macam karya ilmiah yang dapat dituliskan oleh guru serta pemanfaatan aplikasi mendeley pada hari pertama. Kemudian pada hari keuda pembicara yaitu Dr. Sutirman, M.Pd dan Yuliansah, M.Pd membahas tentang teknis penulisan karya ilmiah dan pemanfaatan AI untuk menentukan topik karya ilmiah.

Kegiatan pengabdian kemudian ditutup pada tanggal 14 Juli 2023 oleh kepala SMK Negeri 1 Wonosari yang mengucapkan terima kasih atas kegiatan pengabdian yang telah diselenggarakan. Tim pengabdi juga membuka peluang untuk bagi Bapak/Ibu guru yang meminta dibimbing dalam proses penulisan karya ilmiah sehingga dapat layak dipublikasikan pada jurnal-jurnal ilmiah yang ada.