MARINI RAIH JUARA 2 LOMBA ESAI ILMIAH KEARSIPAN TINGKAT NASIONAL

Lomba Esai Ilmiah Nasional Kearsipan 2018 yang diselenggarakan belum lama ini oleh Himpunan Mahasiswa Kearsipan Indonesia (HMKI) menghasilkan juara kedua dari Universitas Negeri Yogyakarta atas nama Marini, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi angkatan 2015.

“Kearsipan Indonesia di Era Disruptif” adalah tema yang diangkat dalam lomba dengan Fitriana Huda Erfani dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman sebagai juara pertama, diikuti Marini dari Universitas Negeri Yogyakarta (Juara 2), Aida Safitri dari Universitas Indonesia (Juara 3), Dian Herbayu dari Universitas Brawijaya (Juara Harapan 1), Nadia Putri J. dari Universitas Indonesia (Juara Harapan 2), serta Khoiru Aji P. dan Nala Sekarini dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sleman (Juara Harapan 3). Peserta yang disyaratkan yakni umum (minimal 17 tahun dan maksimal berusia 35 tahun) dari seluruh Indonesia.

Dari tema besar di atas peserta dapat memilih salah satu dari lima sub tema yang disediakan, yaitu Pendidikan di Bidang Kearsipan, Peningkatan Kualitas dan Kesejahteraan Arsiparis, Kebijakan Strategis di Bidang Kearsipan, Peningkatan Upaya Sadar Arsip bagi Masyarakat, serta Inovasi Anak Bangsa di Bidang Kearsipan. Timeline lomba bersamaan dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) semester khusus UNY dengan pengumuman pemenang pada 7 September 2018.

“Alhamdulillah bisa merasakan nikmatnya mengabdi sambil mengikuti kompetisi dengan peserta dari praktisi. Terima kasih KKN Gedebeg Blora Jawa Tengah dan semua pihak yang telah membantu”, ujar Marini. Peringkat ketiga Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) FE UNY tahun 2018 ini juga berharap dapat terus berprestasi dan segera menyandang gelar sarjana pendidikan dari kampus tiga menara.(mr/cs)