1,715 Peserta Hadir dalam Kegiatan Hilirisasi Hasil Penelitian dan PPM Dosen Jurusan Pendidikan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta

Yogyakarta (16/4): Sesuai dengan panduan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi (PT), pada IKU 5 terdapat komponen hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat. Sebagai upaya hilirisasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Dosen Jurusan Pendidikan Administrasi Fakultas Ekonomi UNY dilaksanakan kegiatan "Workshop Sosialisasi Aplikasi ERISE Sebagai Media Pembelajaran Kearsipan, Buku Digital Pengelolaan Kearsipan & Buku Digital Pengelolaan Arsip Berbasis Augmented Reality" ini agar dapat digunakan luas oleh masyarakat.

Kegiatan workshop dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 April 2022 selama 5 Jam Tatap Muka (JTM) dimulai dari pukul 07.30 - 12.00 WIB melalui media Zoom Meeting dan live streaming Youtube P. ADP UNY. Workshop diikuti 1713 peserta dari 32 provinsi di Indonesia dan 2 orang peserta dari Nigeria, Peserta terdiri dari guru, dosen, mahasiswa, arsiparis, ASN/PNS, karyawan/pegawai, dan masyarakat umum. Rekap Peserta dapat diakses melalui: https://bit.ly/RekapPesertaWorkshopKearsipan. Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan pemutaran video Indonesia Raya, dan pembukaan oleh Kepala Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran (Dr. Rosidah, M.Si) dan Dekan FE UNY (Dr. Siswanto, M.Pd). Setelah itu memasuki kegiatan inti, yaitu pemaparan materi yang disampaikan oleh Wahyu Rusdiyanto, S.Pd., M.M. dengan materi Buku Digital Tentang Pengelolaan Kearsipan Keluarga, Yuliansah, S.Pd., M.Pd. dengan materi Buku Digital Pengelolaan Arsip Keluarga Berbasis Augmented Reality, dan Dr. Sutirman, M.Pd dengan materi Aplikasi ERISE sebagai media pembelajaran kearsipan, dimoderatori oleh Arwan Nur Ramadhan, M.Pd.. sekaligus sebagai ketua panitia.

Kegiatan Workshop "Sosialisasi Aplikasi ERISE Sebagai Media Pembelajaran Kearsipan, Buku Digital Pengelolaan Kearsipan & Buku Digital Pengelolaan Arsip Berbasis Augmented Reality" telah dilaksanakan dengan sukses dan disambut dengan antusias oleh para peserta workshop dengan banyaknya pendaftar dan pertanyaan yang diajukan oleh para peserta. Untuk memaksimalkan kegiatan, pihak panitia dan narasumber juga membagikan materi narasumber dengan harapan dapat diakses kembali oleh peserta.Dengan adanya kegiatan ini, karya dosen  dari Jurusan Pendidikan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta yang berupa produk sistem informasi ERISE, buku digital pengelolaan kearsipan, dan buku digital pengelolaan arsip berbasis augmented reality dapat membantu dan mengatasi permasalahan dalam masyarakat terkait dengan kearsipan.

 

 

live youtube: https://bit.ly/LiveWorkshopKearsipanUNY