Dosen Jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY Melatih Penggunaan ERISE bagi Guru SMK Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di DIY

“Pembuatan aplikasi ERISE yang membutuhkan dana pengembangan yang besar. Akan tetapi setelah aplikasi ERISE dibuat dan telah diujicoba ternyata berdampak besar terhadap peningkatan pembelajaran kearsipan elektronik di SMK. Harapannya aplikasi ERISE dapat membantu guru MGMP dalam memahami, menjelaskan dan memberikan keterampilan kepada siswa tentang kearsipan elektronik”, demikian disampaikan Sutirman pada acara pembukaan Pelatihan Penggunaan ERISE sebagai Media Pembelajaran Kearsipan Elektronik bagi Guru SMK Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di Daerah Istimewa Yogyakarta yang diselenggarakan dalam rangka Dosen Berkegiatan di Luar Kampus (DBLK) Jurusan Pendidikan Administrasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta pada Rabu (20/7) dan Jumat (22/7) di SMK Negeri 7 Yogyakarta. DBLK ini diketuai oleh Yuliansah dengan beranggotakan Sutirman, Muslikhah Dwihartanti dan Isti Kistiananingsih serta didampingi oleh mahasiswa pendamping diantaranya; Annisa Harimukti Dian Kurniasari, Rasyida Ammara dan Ivan Ardiyanto. Acara diikuti sebanyak 26 orang guru. Dengan menghadirkan pemateri Yuliansah Dosen dari Jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY.

Sutirman juga menyampaikan bahwa ERISE juga dapat digunakan untuk mengelola arsip dinamis di sekolah karena memang diperuntukkan untuk organisasi kecil. Selain itu, Sutirman juga menantang Guru-guru SMK Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis untuk dapat membuat inovasi-inovasi media pembelajaran yang inovatif dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 Harapannya akan muncul media pembelajaran lain yang dapat memfasiltasi siswa untuk dapat belajar.

Sementara itu untuk pemaparan materi sekaligus praktek secara langsung dipandu oleh Yuliansah. Kegiatan pemaparan materi diawali dengan perkenalan tampilan antar muka program ERISE.

Lanjut Yuliansah, dalam proses praktik dilakukan pada kegiatan pengabdian ini pemateri menggunakan www.erise.id yang merupakan media pembelajaran kearsipan elektronik pada Jurusan Pendidikan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta. (Isti)