ASPAPI DIY Gelar Pelatihan dan Penyegaran Asesor ASPAPI Tahun 2024

Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang diketuai oleh Dosen dari Jurusan Pendidikan Administrasi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta (FEB UNY) Dr. Sutirman, M.Pd. menggelar kegiatan Pelatihan dan Penyegaran untuk para asesor dan calon asesor ASPAPI di Hotel Grand Kangen Yogyakarta pada tanggal 8-9 Februari 2024. Acara dihadiri oleh 23 peserta yaitu dari kalangan dosen dan guru. Acara dibuka oleh Ketua Umum ASPAPI Dr. Rasto, M.Pd. yang sekaligus menjadi narasumber. Selain itu juga menghadirkan narasumber dari Dewan Penasehat ASPAPI yaitu Prof. Dr. Muhyadi dan Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (MGMP OTKP) Jawa Tengah Sulistyawati, M.Si., M.Par.

Rasto dalam sambutan saat membuka acara menyatakan, “Kegiatan pelatihan dan penyegaran ini merupakan wujud komitmen ASPAPI dalam mendukung pengembangan profesionalisme praktisi administrasi perkantoran di Indonesia. Kami berharap bahwa melalui kegiatan ini para peserta dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan.”

Ia juga menyampaikan bahwa ASPAPI adalah organisasi profesi yang bersifat profesional, independent, dan non-partisan. ASPAPI berfungsi untuk mengembangkan keilmuan, membangun mindset mutu profesional, dan meningkatkan kemampuan praktik, baik bagi peneliti, pendidik, maupun praktisi bidang administrasi perkantoran. ASPAPI saat ini sudah memiliki 10 cabang di seluruh Indonesia. Salah satunya ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. ASPAPI DIY diharapkan lebih aktif dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan mulai dari kegiatan seminar, diklat, workshop dan uji kompetensi keahlian Sekolah Menengah Kejuruan.

Sementara itu, Sulistyawati mengatakan, “kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka merefresh dengan orang lain, jadi kita akan mulai dengan Uji pengetahuan dulu berupa teori baru ke praktik demontrasinya dengan sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Asesor kompetensi adalah seseorang yang mempunyai kualifikasi yang relevan dan kompeten untuk melaksanakan Asesmen/Penilaian Kompetensi”. (Ist)