Siswa SMK As-Shofa Tasikmalaya ikuti Praktik Kearsipan Digital di FE UNY

Pada hari Selasa (18/10) Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Administrasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta kembali menerima kunjungan praktik di laboratorium dari SMK As - Shofa Tasikmalaya Jawa Barat. Kunjungan ini dihadiri oleh 25 siswa dan siswi dari jurusan akuntansi dan 7 guru pendamping untuk praktik pembelajaran mengelola dokumen digital di Laboratorium Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY. Acara dimulai sekitar pukul 09.00 wib diawali dengan pemutaran video profil PADP dan dilanjutkan sambutan dari kepala sekolah SMK As - Shofa Tasikmalaya oleh Undang Faojudin, S.Ag, M.Pd dan sambutan dari Ketua Jurusan Pendidikan Administrasi Dr. Rosidah, M.Si yang bertempat di ruang Ramah Tamah FE UNY. Acara pembukaan diakhiri dengan adanya serah terima buah tangan dan kenang-kenangan dari SMK As - Shofa Tasikmalaya.
Setelah acara pembukaan selesai, siswa siswi SMK As - Shofa Tasikmalaya melanjutkan praktik pembelajaran mengelola dokumen digital di Laboratorium Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY yang dipandu oleh Danang Setya Ramadhani, S.Pd. M.P.A dan dibantu oleh aslab PADP dan Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Jurusan Pendidikan Administrasi Isti Kistiananingsih, S.Pd. Praktik dimulai dari penjelasan apa itu arsip, bagaimana cara penyimpanannya, dan apa pentingnya melakukan pengelolaan dokumen atau arsip secara digital. Setelah pemaparan materi, siswa siswi SMK As - Shofa Tasikmalaya melanjutkan praktik penyimpanan arsip digital menggunakan scanner dan kemudian mempraktekkan cara penyimpanan arsip digital menggunakan sistem subjek.
Siswa siswi SMK As - Shofa Tasikmalaya sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti rangkaian kegiatan praktik pembelajaran mengelola dokumen digital. Karena dengan adanya kegiatan ini diharapkan kedepanya mereka dapat lebih memahami bagaimana pentingnya mengelola dokumen atau arsip secara digital diera canggihnya teknologi saat ini. Semoga dengan adanya kunjungan laboratorium ini dapat memberikan dampak positif dan kebermanfaatan bagi kita semua. (Ron/Is)