Sebanyak 136 Siswa SMK N 1 Yogyakarta Ikuti Pelatihan Praktik Simulasi Perkantoran pada Laboratorium Jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY

Setelah kurang lebih 2 tahun tidak menerima kunjungan laboratorium dikarenakan adanya Covid-19, kini Laboratorium Jurusan Pendidikan Administrasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (PADP FE UNY) kembali menerima kunjungan dari Sekolah, Perguruan Tinggi, Instansi dan Dunia Kerja. Pada Rabu-Kamis (13-14/09), SMK N 1 Yogyakarta melaksanakan Out Door Study ke Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka praktik pembelajaran di laboratorium PADP FE UNY. Kunjungan tersebut dihadiri kurang lebih 136 orang yang dibagi dalam 2 sesi yaitu hari Rabu dan Kamis. Kunjungan diawali dari penyambutan oleh pihak PADP UNY yang disambut oleh Ketua Jurusan Pendidikan Administrasi yaitu Rosidah, yang dihadiri pula oleh 7 guru pendamping dan dilanjut dengan membagi kelompok kecil untuk melakukan kunjungan di laboratorium simulasi perkantoran, teknologi perkantoran dan laboratorium mengetik.
Dari kelompok kecil tersebut dipandu oleh Asisten Laboratorium PADP untuk diarahkan menuju ruang lab yang nantinya akan diberikan penjelasan oleh Dosen PADP FE UNY. Pada laboratorium Simulasi perkantoran dipandu oleh Koordinator Lab Jurusan Pendidikan Administrasi yang dijabat oleh Yuliansah dengan kegiatan praktik penanganan surat masuk dan surat keluar, praktik rapat daring serta praktik rapat luring. Peserta diberikan masing-masing peran yang nantinya diperagakan sesuai dengan lab sheet yang telah disediakan sehingga para peserta mendapatkan pengalaman seperti bekerja pada sebuah perusahaan. Untuk Laboratorium mengetik dipandu oleh Kalab Kearsipan Elektronik yang dijabat oleh Wahyu Rusdiyanto dan Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Jurusan PADP yaitu Isti Kistiananingsih. Sedangkan Laboratorium Teknologi Perkantoran dipandu oleh Kalab Teknologi Perkantoran yang dijabat oleh Danang Setyaramadani. Para peserta akan diberikan materi teori seputar penggunaan alat-alat lab yang ada di lab teknologi perkantoran dan lab kearsipan digital.
Kunjungan laboratorium dari SMK, PT, Iduka Mitra memberikan dampak positif bagi para peserta dan FE UNY. Bagi peserta dapat memberikan tambahan pengalaman dan pengetahuan sedangkan bagi FE UNY dapat terus senantiasa memberikan layanan terbaik bagi pihak luar. (Putri/Is)