Zaalvoetbal Cup UNY 2022 Ajang Kompetisi Futsal Tingkat DIY Tahun 2022

Yogyakarta, 12 Desember 2022- Generasi muda khususnya umur 17 sampai 22 tahun baik berasal dari SMA/ SMK maupun Umum menunjukkan bakat dan kemampuannya dalam Zaalvoetbal Cup UNY 2022. Zaalvoetbal Cup UNY 2022 merupakan sebuah kompetisi futsal tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Zaalvoetbal Cup UNY 2022 mengangkat tema “Push Your Limit be a Champion” yang berarti sebagai semangat bagi peserta untuk mendorong bakat dan kemampuannya agar menjadi juara. Kompetisi futsal diadakan oleh Mahasiswa Diploma 4 Administrasi Perkantoran selaku panitia pelaksanaan.
Zaalvoetbal Cup UNY 2022 dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 10 Desember 2022. Kompetisi futsal bertempat di Gedung Olahraga Tridadi, Sleman. Acara Zaalvoetbal Cup bekerja sama dan didukung oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sleman. Kompetisi Zaalvoetbal Cup UNY 2022 dihadiri oleh Bapak Hamzah selaku Kasi Data dan Kelembagaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sleman yang menjadi perwakilan, dosen-dosen jurusan pendidikan administrasi fakultas ekonomi, serta mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Kompetisi futsal dimulai pada pukul 08.30 pagi, sebelum memulai pertandingan diawali dengan acara pembukaan dipandu oleh dua MC keren yaitu Saudara Ardhanareswari Malinda Syati dan saudari Nandika Saputra.
Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya diiringi musik, kemudian acara sambutan, sambutan pertama yaitu sambutan Saudara Ridho Taufiqurrahman A.S selaku ketua panitia Zaalvoetbal Cup UNY 2022, sambutan kedua yaitu sambutan Ibu Rr. Chusnu Syarifah Diah Kusuma., S.A.B., M.Si selaku dosen pembimbing mata kuliah Event Organizer, dan sambutan yang terakhir sambutan Bapak Prof. Setyabudi Indartono, M.M.,Ph.D. selaku wakil dekan I Fakultas Ekonomi UNY. Dilanjutkan dengan pembukaan secara simbolik yang diwakili oleh Ibu Rr. Chusnu Syarifah Diah Kusuma., S.A.B., M.Si yang menendang bola kearah gawang, pertandingan pun dimulai. Pada partai pembuka diawali dengan pertandingan antara tim SCBD dan tim Asterix. Walaupun tidak adanya ticketing hanya ditonton oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta namun riuh sorakan penonton dan pendukung tim yang bertanding menggelegar ke seluruh isi GOR.

Kompetisi futsal ini, diikuti oleh 16 tim futsal yaitu tim SCBD, tim Asterix, tim Wijaya Kusuma, tim SMK Dirgantara, tim Wates Warrior, tim Horogodok, tim Stringers, tim Combined Win, tim STIM YKPN, tim SMK N 1 Sedayu, tim Wonderkidz, tim GANS, tim Rebellious, tim SMA N 2 Ngaglik, dan tim Boyyoungs. Pertandingan dibagi menjadi 3 babak, babak penyisihan, babak semifinal dan babak final dengan dipimpin oleh 4 orang wasit yang berasal dari Asosiasi Futsal Provinsi (Afp). Pertandingan berlangsung sangat seru dan menegangkan, masing-masing tim menunjukkan bakat terbaiknya. Pada akhir pertandingan dimenangkan oleh tim rebellious yang keluar sebagai juara satu dengan skor 5, tim asterix yang keluar sebagai juara dua dengan skor 0, tim STIM YKPN keluar sebagai juara tiga, Top Score diraih oleh Saudara Fikih Darmawan dan MPV diraih oleh Saudara Hilal dari Tim Rebellious.

Penyerahan hadiah untuk pemenang dilakukan setelah pertandingan final selesai, hadiah untuk juara satu sebesar Rp2.500.000 dan piala diberikan oleh Bapak Agung Armawanta selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman, juara dua mendapatkan hadiah sebesar Rp1.500.000 dan piala diberikan oleh Ibu Rr. Chusnu Syarifah Diah Kusuma., S.A.B., M.Si. selaku dosen mata kuliah Event Organizer, juara ketiga mendapatkan hadiah sebesar Rp1.000.000 dan piala diberikan oleh Saudara Ridho selaku ketua panitia. Penghargaan untuk peraih Top Score dan MPV yang diberikan oleh Saudari Melani Rahmatika Devi selaku wakil ketua panitia mendapat hadiah sebesar masing-masing Rp250.000,00. Acara Zaalvoetbal Cup UNY 2022 diakhiri pada pukul 21.00 malam, acara kompetisi futsal ditutup dengan penampilan DJ Pradw, seluruh peserta dan panitia berkumpul di tengah lapangan berjoget bersama mengikuti irama musik, lampu redup membuat seluruh panitia dan peserta hanyut dalam irama music DJ. Adanya kompetisi futsal ini semoga menjadi wadah bagi tim futsal di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menyalurkan bakat dalam bermain futsal dan sebagai ajang untuk mengekspresikan diri. Melalui kegiatan ini juga sebagai media untuk memperkenalkan mata kuliah Event Organizer kepada khalayak ramai sebagai salah satu mata kuliah di Diploma 4 Administrasi Perkantoran yang dapat mengembangkan kemampuan baik softskill dan hardskill mahasiswanya.