TREASURE EO ADP 2018 UNY SUKSES SELENGGARAKAN THE DAY OF NATIONAL TOUR VLOG COMPETITION DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Kamis, (3/12) melalui Zoom Meeting dan Live YouTube kegiatan yang mengusung tema “Back to Nature and Culture Around Us” yang diselenggarakan Treasure Event Organizer merupakan salah satu event yang dibentuk oleh mahasiswa Administrasi Perkantoran 2018 dalam rangka pemenuhan tugas mata kuliah Event Organizer yang diampu oleh Rr. Chusnu Syarifa Diah Kusuma S.A.B., M.Si.

Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki banyak destinasi wisata dan budaya yang tak jarang masih belum diketahui sehingga perlu untuk mengenalkan kekayaan wisatanya kepada seluruh masyarakat dalam negeri maupun luar negeri. Treasure Event Organizer memberikan ruang untuk seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki ketertarikan di bidang Travel Vlog untuk dapat menyalurkan bakatnya dengan mengikuti "National Tour Vlog Competition” dengan tema “Back to Nature and Culture Around Us” pada era New Normal saat ini untuk tetap mengexplore wisata daerah sekitar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Event ini mampu menjangkau destinasi wisata secara luas, terbukti dengan keikutsertaan para peserta yang berasal dari berbagai provinsi antara lain Bali, Jawa Tengah, NTT, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Barat, dan lain-lain  

National Tour Vlog Competition dihadiri oleh seluruh mahasiswa Administrasi Perkantoran 2018 UNY, beberapa mahasiswa UNY, dosen jurusan Pendidikan Administrasi UNY, peserta lomba National Tour Vlog Competition, dan orang-orang yang tertarik dalam bidang Travel Vlog. Selain pengumuman pemenang juara, untuk memeriahkan National Tour Vlog Competition memberikan Challenge, Give Away, dan menghadirkan penampilan spesial dari komunitas musik Fakultas Ekonomi UNY.

Seluruh peserta National Tour Vlog Competition membuat vlog yang mengenalkan wisata dan budaya Indonesia melalui video yang kemudian diunggah di akun YouTube masing-masing peserta yang selanjutnya dilakukan penjurian oleh Sigit Andrianto, Saad Ariyanto, dan Ilham Akbar yang sudah berpengalaman dalam bidang kategori penilaian. Penilaian dilakukan berdasar beberapa kategori yang meliputi kesesuaian isi konten dengan tema, kualitas sinematografi, kesesuaian music, suara, editing video, serta kelengkapan detail informasi destinasi wisata dan budaya. Selanjutnya, dengan melihat kategori penilaian tersebut diambil 3 juara umum dengan penilaian tertinggi dan 1 juara favorit yang dilihat dari jumlah like video. Juara 1 diraih oleh Revi Putri Ekta Fairiri – Toraya Maelo Land of the Heavenly Kings dengan perolehan skor 2424,3. Juara 2 diraih oleh Tim Jenggirat Tangi - Merapah Ke Negeri Gandrung Banyuwangi dengan perolehan skor 2405,7. Juara 3 diraih oleh Muhammad Rahmat – Batu Kapal Jogja I Wisata Terbaru di Jogja Viral dengan perolehan skor 2399,2. Serta juara favorit diraih oleh Green Project – Taman Wisata Lebah Cibubur dengan jumlah like sebesar 558 Likes. Vlog para pemenang dapat dilihat melalui hastag #NTVC #TREASUREORGANIZER melalui aplikasi YouTube.

Kesuksesan National Tour Vlog Competition juga tidak lepas dari dukungan para sponsor dan kerja keras seluruh panitia yang telah mempersiapkan acara dengan sangat matang. Diharapkan dengan adanya National Tour Vlog Competition dapat menjadi salah satu bagian dari agen perubahan dan turut mempromosikan pariwisata serta budaya Indonesia melalui media Vlog sehingga dapat memperbaiki kelemahan pariwisata Indonesia dan membentuk pola penyebaran informasi yang mudah dipahami oleh berbagai kalangan dalam media. Acara dapat disaksikan pada chanel youtube https://www.youtube.com/channel/UC0ONlxXEDzmV0-bSxpCNanA . ST/cs