Temu Ilmiah Dosen Jurusan Pendidikan Administrasi

Semakin berkembangnya iklim kerja yang makin kompetitif, dosen dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan jaman. Dosen memiliki tanggungjawab sebagai researcher karena disamping penelitian merupakan salah satu kewajiban dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dosen juga memiliki tanggung jawab memperkaya khasanah ilmu pengetahuan melalui penelitian. Ketika melaksanan penelitian, dosen dituntut untuk mampu menyusun laporan hasil penelitian berupa artikel atau jurnal penelitian dengan baik dengan men-submitnya pada portal-portal jurnal bereputasi agar bermanfaat luas serta berkontribusi luas bagi khasanah perkembangan ilmu pengetahuan dan dunia industri.

Jurnal merupakan acuan bagi setiap dosen untuk bisa melakukan kontribusi pengetahuan di bidang keilmuannya. Pembuatan jurnal yang baik membutuhkan kemampuan pendukung seperti pemahaman kaidah metodologi penelitian yang baik, pemilihan portal dabatase jurnal yang tepat hingga penggunaan sitasi yang terstandar. Belum maksimalnya pengetahuan dosen jurusan Pendidikan Administarsi memahami tata cara penulisan artikel, jurnal, karya ilmiah dan buku ajar dan minimnya pemahaman penggunaan metodologi penelitian, hingga penggunaan teknik sitasi. 


Kegiatan temu ilmiah dosen Jurusan Pendidikan Administrasi yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu Selasa, 17 September 2020 dan Kamis, 24 September 2020, merupakan salah satu bentuk usaha meningkatkan keterampilan, pengetahuan, penyegaran ide dan perkembangan pengetahuan tentang penelitian dan penulisan buku ajar. Temu ilmiah pada hari Selasa,  17 September 2020 mengundang pembicara Bapak Dr. Ali Muhson., M.Pd yang memberikan pelatihan metode olah data menggunakan LISREL. Pada sesi kedua, di siang hari dilanjutkan oleh Bapak Dr. Sutirman., M.Pd yang memaparkan tips penulisan buku ajar. Kegiatan temu ilmiah di tahap pertama ini menitikberatkan pada penggunaan aplikasi LISREL untuk olah data kuantitatif dan kiat-kiat dalam menulis buku ajar. 

Kegiatan temu ilmiah tahap kedua dilaksanakan pada hari Kamis, 24 September 2020. Pemateri sesi pertama adalah Bapak Prof. Sukirno., M.Pd yang memaparkan materi tentang tips penulisan jurnal bereputasi. Dilanjutkan sesi kedua adalah Bapak Arwan Nur Ramadhan., M.Pd tentang pelatihan aplikasi Mendeley dan Turnitin. Kegiatan temu ilmiah tahap kedua ini menekankan kiat-kiat memilih portal jurnal bereputasi nasional dan internasional dan cara penggunaan aplikasi Mendeley dan Turnitin dalam sistem sitasi jurnal. 


Kedua kegiatan ini memberikan dampak yang positif dan memotivasi secara signifikan para dosen Jurusan Pendidikan Administrasi untuk bisa melakukan pengabdian di bidang penelitian. Harapan kedepan, kegiatan serupa bisa terselenggara secara bertahap, rutin dan berkesinambungan, mengingat pentingnya menghasilkan penelitian dan buku ajar yang berkualitas (Nadsas).