SHINE EO ADP 2018 FE UNY SUKSES BERIKAN EDUKASI DI TENGAH PANDEMI COVID-19 MELALUI TIKTOK DAN VIDEO COMPETITION

Yogyakarta, (11/12) – Educational Tiktok and Video Competition diselenggarakan oleh Shine Event Organizer pada hari Jumat, 11 Desember 2020 pukul 09.00 – 11.00 WIB melalui platform Zoom Meeting. Acara ini merupakan acara pertama kali yang diadakan oleh Shine Event Organizer yang terdiri dari mahasiswa Administrasi Perkantoran D-3 angkatan 2018 sebagai tugas mata kuliah event organizer yang diampu oleh Rr. Chusnu Syarifa Diah Kusuma, S.A.B., M.Si. Educational TikTok and Video Competition ditujukan untuk mengajak seluruh masyarakat agar lebih bijak dan optimal dalam penggunaan teknologi terutama sosial media serta menjadi sarana edukasi di tengah pandemi Covid-19. Sebanyak 40 karya edukasi diberikan oleh peserta dari berbagai provinsi mulai dari edukasi kesehatan, sejarah, teknologi, hingga kerajinan.

Terdapat beberapa tahapan dalam Educational TikTok and Video Competition, yaitu tahap pendaftaran, tahap penilaian, dan tahap pengumuman. Pada tahap pengumuman, Shine Event Organizer mengadakan Bincang Literasi Digital bertemakan “Be Creative and Educative Content Creator” dengan narasumber sekaligus juri kompetisi yaitu Gabra Mikael Arda (videographer, content creator) serta dihadiri oleh dewan juri lainnya: Aditya Maulana Yahya (social media enthusiast, content creator TikTok) dan Sigit Andrianto (dosen Administrasi Perkantoran FE UNY, content creator). Bincang literasi digital ditujukan untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa literasi tidak hanya sekedar baca-tulis, namun juga ada literasi sains, numerik, finansial, kebudayaan dan kewargaan, serta literasi digital. Acara bincang diikuti oleh 175 peserta yang terdiri dari dosen FE UNY, peserta lomba, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum. Shine event Organizer juga membuka donasi untuk pengembangan literasi daerah. Hasil donasi tersebut akan disalurkan ke taman baca masyarakat atau komunitas literasi di D I Yogyakarta.

Adapun pemenang dalam Educational Tiktok And Video Competition antara lain:

Kategori video edukasi:

Juara 1: “Peluh Lelahku untuk Negeriku” oleh M. Daenasty Caezar Zahra

Juara 2: “Adaptasi” oleh Dandy Muhammad Arafat, dkk

Juara 3: “Ecoprint Kerajinan Ramah Lingkungan Pengisi Waktu Luang di Masa Pandemi” ole Erika

Video Terfavorit: “Bosan” oleh Ayu Tanza

Kategori TikTok Edukasi:

Juara 1: “Edukasi Tata Krama” oleh Erika

Juara 2: “Pretty Smile 101” oleh Audrey Fanny Aulia

Juara 3: “ Cegah Covid dengan 4 M” oleh Dandy Muhammad, dkk

Video Terfavorit: “Depression” oleh I Kadek Krisna Rizky Putra M

“Marilah kita menjadi seseorang yang kreatif, edukatif, dan memberikan nilai positif bagi sesama”, ucap Kartika Putri sebagai ketua panitia dalam sambutannya. Acara ini dapat disaksikan kembali nelalui link youtube https://www.youtube.com/watch?v=hBksNz4e3tg (KP/cs)