LOMBA VIDEO PENDEK ONLINE OLEH ORGANIZEFULLY EO ADP UNY 2018 MAMPU GAET PESERTA DARI 17 PROVINSI

Yogyakarta, 5/12 – Lomba Video Pendek Online Tingkat Nasional untuk Mahasiswa dan Pelajar SMA/SMK atau LOVE ON diselenggarakan oleh Organizefully Event Organizer selama satu hari yaitu pada hari Sabtu, 5 Desember 2020. Event ini berlangsung secara virtual dengan menggunakan platform Zoom Meeting dan live streaming di channel Youtube Organizefully Event Organizer. Event tersebut diselenggarakan secara virtual mengingat adanya pandemic Covid-19 dengan tujuan untuk menghindari penyebaran virus corona tersebut. Acara tersebut berlangsung selama 2 jam 49 menit 24 detik dari pukul 13:00 WIB hingga sekitar pukul 15: 50 WIB dengan menampilkan Talkshow terlebih dahulu lalu mengumumkan pemenang dari LOVE ON. Acara tersebut menampilkan talkshow dari LOVE ON yang mengambil tema Kelas Basic Belajar Videografi-Jadi Content Creator Itu Mudah” dan mengumumkan pemenang lomba video  pendek  online  dari  nominasi  15  terbaik,  juara  favorit  lalu  juara  umum.  Event  ini merupakan event yang diselenggarakan sebagai pemenuhan tugas dari mata kuliah Event Organizer mahasiswa DIII Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2018 dengan dosen pengambu Rr. Chusnu Syarifa Diah Kusuma. Acara tersebut juga dihadiri oleh 86 peserta LOVE ON dari 17 provinsi yang ada di Indonesia, 23 Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, dan 170 peserta Talkshow dari berbagai daerah juga.

Acara ini dilatarbelakangi karena maraknya teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang secara luas dalam segala bidang di era modern ini sangat membantu manusia dalam bersosialisasi. Hal tersebut juga memberikan dampak yang baik untuk menjalin hubungan antar sesama serta menyampaikan ide-ide atau gagasan baru dalam kehidupan bermasyarakat. Tentu masyarakat terutama kalangan muda sudah banyak menggunakan sosial media. Perkembangan dunia maya (ruang, waktu dan media sosial) juga dibarengi dengan perkembangan IT digital foto yang juga telah merambah ke banyak element elektronika seperti mp5 keatas, hp dan digital camera,video cam pun semakin beragam dan semakin murah, mampir semua lapisan masyarakat mampu memiliki menurut info dari jurnal hp jumlah pengguna hp di indonesia di perkirakan kurang lebih 50 juta ponsel, sebuah jumlah yang cukup banyak. Perkembangan digital foto juga didukung piranti software computer yang semakin canggih seperti program editing film seperti pineacle 9, ulead 8,9,10 dan adobe premiere dan editing photo seperti photoshop, corel draw 12, memudahkan pengolahan hasil yang prima sesuai dengan capian art imaginasi yang diinginkan. Tetapi sayangnya, kemajuan piranti digital camera dan softwarenya kurang bahkan tidak digunakan secara maksimal oleh pemilik kamera. Oleh karena itu, perlu terus diadakannya aneka event dalam konteks lomba video pendek online. Lomba ini diselenggarakan untuk memberikan ruang kreatif bagi mahasiswa dan pelajar SMA/SMK dalam berkesenian dibidang videografi dan mengambil tema kegiatan Adaptasi Kebiasaan New Normal di Era Pandemi Covid-19. Selain itu  lomba  ini  juga  sebagai  media  pengembangan  minat  dan  bakat  yang  efektif  untuk meningkatkan produktivitas mahasiswa dan pelajar SMA/SMK selama masa pandemic covid-19 dan yang paling penting dari tujuan diselenggarakannya lomba ini adalah untuk menyuarakan semangat kepada masyarakat tentang pentingnya belajar dari sebuah peristiwa akademik.

Berbagai jenis video–video pendek unik diikutkan dalam event ini dan juga menampilkan Talkshow menarik yang membahas seputar dunia videografi oleh salah satu pembicara yaitu Raymundus Bagaskara“ yang merupakan videographer-EMAC UNY. Talkshow tersebut berlangsung selama 40 menit lalu dilanjutkan sesi diskusi atau sesi tanya jawab selama 20 menit. Sesuai tema yang diangkat yaituKelas Basic Belajar Videografi-Jadi Content Creator Itu Mudah” diharapkan dapat memotivasi peserta lomba dan juga peserta Talkshow dalam meningkatkan skill di dunia videografi. Nominasi 15 Terbaik dari 81 peserta LOVE ON yang mengirimkan link video diraih oleh :

1.    Alvin Murdiandi Pangestu dari Universitas Sahid Jakarta dengan total skor 275,50

2.    Anisa Puji Rahmawati dari SMKN 3 Kediri dengan total skor 271,25

3.    Andre Agung Nugraha dari SMA Negeri 7 Bengkulu dengan total skor 267,40

4.    Mochammad Rafianto Syahputra dengan dari SMA Negeri 7 Kediri dengan total jumlah like dan viewers 3.892

5.    Muhammad Lutfi Erlangga dari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Bekasi dengan total skor 264,5

6.    Rafif Aryaduta Laksana dari SMA Negeri 1 Tuban dengan total skor 264,05

7.    Amelia Rizki Setioningrum dari Universitas Wahid Hasyim Semarang dengan total skor 264

8.    Syauqi Abdullah Firdaus dari SMA Al Adzkar dengan total skor 263,65

9.    Rani Febrianti Mugiono dari SMA Negeri 1 Surabaya dengan total skor 263,60

10.  Muhammad Raihan Fadhillah dari UPN Veteran Jakarta dengan total skor 261,90

11.  Aditya Bramantio dari Universitas Sebelas Maret dengan total skor 260,50

12.  Mustaqim dari Universitas Mercu Buana dengan total skor 259,55

13.  Agung Seno Aji dari SMA Negeri 3 Bantul dengan total skor 259,25

14.  Novandri Pasaribu dari Institut Pertanian Bogor dengan total skor 257,20

15.  Fikri Fariz Fadhillah dari SMA Negeri 1 Cianjur dengan total skor 256,25

Total skor menjelaskan untuk juara 1 sendiri diraih oleh Alvin Murdiandi Pangestu dari Universitas Sahid Jakarta dengan total skor 275,50 , juara 2 diraih oleh Anisa Puji Rahmawati dari SMKN 3 Kediri dengan total skor 271,25, juara 3 diraih oleh Andre Agung Nugraha dari SMA Negeri 7 Bengkulu dengan total skor 267,40 dan yang terakhir yaitu juara favorit yang ditentukan oleh jumlah like dan viewers diraih oleh Mochammad Rafianto Syahputra dari SMA N 7 Kediri dengan total skor 3.892. Sesuai dengan tema yang diangkat yaituAdaptasi Kebiasaan New Normal di Era Pandemi Covid-19” diharapkan acara tersebut dapat menjadi motivasi bahwa kita tetap harus beradaptasi dengan baik dengan adanya kebiasaan baru pandemic ini dan tetap mengembangkan skill kita dengan berbagai cara yang positif, seperti contoh belajar videografi atau menjadi seorang content creator. Acara ini dapat disaksikan pada link youtube https://www.youtube.com/watch?v=lK1EXQGKtyE .   Nia/cs