Jurusan Pendidikan Administrasi, Terverifikasi menjadi TUK LSP-AP dan Siap Mencetak Sumber Daya Kompeten di Bidang Administrasi Perkantoran

Visitasi (09/11) Tempat Uji Kompetensi (TUK) oleh Lembaga Sertifikasi Profesi-Administrasi Perkantoran (LSP-AP) dilaksanakan secara daring. Verifikasi tempat uji kompetensi dilakukan langsung oleh Direktur LSP-AP Drs. HM. Jamil Latief, M.Pd, MM. dari UHAMKA dan Manajer Sertifikasi LSP-AP, Bapak Dr. Sambas Ali Muhidin, M.Si. LSP-AP didirikan oleh asosiasi profesi bidang administrasi perkantoran yang bernama Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI). Oleh karena itu LSP-AP merupakan LSP P3 karena didirikan oleh asosiasi profesi. 

Prosedur pendirian TUK LSP-AP dimulai dari pengajuan permohonan pembukaan TUK ke LSP-AP, melengkapi persyaratan, dan verifikasi kelayakan TUK oleh LSP-AP. Visitasi secara daring dilakukan karena kondisi dan situasi tidak memungkinkan untuk dilakukan visitasi dan verifikasi data kelengkapan persyaratan secara luring. Kegiatan verifikasi dilakukan kurang lebih mulai pukul 10.00 - 13.00 WIB secara daring diawali sambutan oleh Dekan Fakultas Ekonomi UNY, Bapak Dr. Siswanto, M.Pd., dilanjutkan sambutan Ketua Jurusan Pendidikan Administrasi, Ibu Dr. Rosidah, M.Si. kemudian proses penjelasan, pemaparan, dan verifikasi data kelengkapan oleh Direktur dan Manajer LSP-AP. Setelah Setelah melalui serangkaian proses sesuai prosedur pendirian TUK yang telah ditetapkan, dilakukan verifikasi pada setiap butir kelengkapan dan tour keliling laboratorium secara virtual, Jurusan Pendidikan Administrasi, dinyatakan "SAH ALHAMDULILLAH" menjadi TUK LSP-AP. Laboratorium Simulasi Perkantoran telah terverifikasi dan ditetapkan sebagai TUK LSP-AP yang ke-6 setelah Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Muhammadiyah Dr. Hamka Jakarta, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta.

TUK AP Universitas Negeri Yogyakarta menggunakan Laboratorium Simulasi Perkantoran dengan luas ruangan 162 m2 yang berada di lantai 2 gedung Prof. Dr. Ali Wardhana. Gedung Prof. Dr. Ali Wardhana terdiri dari empat lantai yang dikhususkan sebagai gedung laboratorium terpadu Fakultas Ekonomi UNY. Gedung Prof. Dr. Ali Wardhana resmi digunakan untuk perkuliahan mulai tahun 2019. Sekretariat tempat uji kompetensi beralamat di Jurusan Pendidikan Administrasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Kampus Karangmalang Yogyakarta Kodepos 5528, Telepon (0274) 586168 psw. 1824, email: padp@uny.ac.id. Ruang sekretariat dan pengelola tempat uji kompetensi berada dalam satu ruangan di Laboratorium Simulasi Perkantoran. Manajer TUK AP Universitas Negeri Yogyakarta adalah Bapak Arwan Nur Ramadhan, M.Pd. dengan Sekretaris Bapak Wahyu Rusdiyanto, M.M. sebagai sekretaris, ibu Siti Umi Khayatun mardiyah, M.Pd. sebagai bendahara dan Bapak Yuliansah, M.Pd. sebagai anggota. 

Arwan selaku Manajer TUK AP Universitas Negeri Yogykarta berharap dengan ditetapkannya menjadi TUK, dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika UNY dan masyarakat sekitar yang membutuhkan sertifikat kompetensi resmi dari BNSP dengan skema sertifikasi Pelaksana Adminsitrasi Perkantoran. Skema sertifikasi Pelaksana Adminsitrasi Perkantoran terdiri atas 11 kompetensi yaitu: 1) Memproduksi dokumen; 2) Menangani penerimaan dan pengiriman dokumen/surat; 3) Mengelola arsip; 4) Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak; 5) Memproduksi dokumen di komputer; 6) Membuat surat/dokumen elektornik; 7) Melakukan komunikasi melalui telepon; 8) Mengatur rapat/pertemuan; 9) Membuat notulensi rapat; 10) Membuat materi presentasi; dan 11) Mengakses informasi melalui homepage.

Harapannya TUK AP Universitas Negeri Yogyakarta menjadi kepanjangan tangan dari LSP AP untuk menciptakan tenaga terampil bidang administrasi perkantoran di masa yang akan datang.