Delapan DUDI Teken Kerjasama dengan AdP UNY - Jalin Kerjasama Magang dan Dosen Praktisi 

Delapan perwakilan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) menandatangani kerjasama dengan Program Studi D4 Administrasi Perkantoran (AdP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Beberapa kerjasama yang akan dilakukan diantaranya Praktik Kerja Lapangan (Magang), baik untuk mahasiswa maupun dosen, serta kerjasama Dosen Praktisi. 

Ketua Program Studi AdP UNY Purwanto menargetkan dapat menggandeng 13 DuDi di bulan November tahun ini. Tujuannya, untuk menyiapkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. ”Bulan November tahun ini, yang sudah hampir dipastikan ada 11 DUDI,” ujarnya dalam acara yang digelar di The Phoenix Hotel Yogyakarta, Selasa (27/10). 

”Sebelumnya, kami telah mengadakan pertemuan untuk evaluasi Praktik Kerja Lapangan dan Sosialisasi Rencana Kerjasama. Saat itu dihadiri 9 perwakilan DUDI dan hari ini kita lakukan penandatanganan kerjasamanya,” ujarnya menambahkan. 

Purwanto menjelaskan bahwa selain untuk praktik magang, kerjasama ini juga untuk melibatkan dosen praktisi dalam perkuliahan. Hingga saat ini, sedikitnya ada 13 mata kuliah yang diampu dosen praktisi dari total 40 mata kuliah di jurusan AdP UNY.

”Jadi melalui kerjasama ini kami juga meminta bapak ibu dari DUDI untuk bisa mengajar di prodi kami,” jelas kaprodi dengan 207 mahasiswa di Semester ketiga ini.

Pada kesempatan yang sama Dekan Fakultas Ekonomi UNY Siswanto menyampaikan bahwa dunia pendidikan, khususnya vokasi, membutuhkan kerjasama dengan DUDI. Pihaknya sangat mengapresiasi sambutan baik DUDI untuk bersama-sama mencerdaskan generasi penerus. 

”Karena dalam hal ini kami tidak mampu sendiri. Mudah-mudahan ini bisa memberikan manfaat kepada kedua belah pihak,” ujarnya. 

Ditambahkan, 11 kerjasama ini merupakan capaian yang bagus dari 5 kerjasama yang ditargetkan Fakultas Ekonomi untuk prodi AdP UNY. ”Memelihara itu lebih susah dari memulai. Saya berharap agar kerjasama ini dipupuk dan dipelihara agar keharmonisan lembaga pendidikan dan DUDI terjalin bagus,” ujarnya berpesan.

Slamet Wahyudi, Pimpinan BTN Syariah Kantor Cabang Yogyakarta menyampaikan bahwa program kerjasama ini dirasa sangat cocok. Melalui kerjasama ini, masing-masing pihak diharapkan dapat saling belajar satu sama lain. 
”Kami bisa belajar tentang administrasi, seperti yang sudah-sudah. Dari kami, temen-temen juga bisa belajar mengenai perbankan,” ujarnya. 

Agus Dianto Human Resource Qhomemart BJHome Supermarket Bangunan Yogyakarta menyambut baik kerjasama dengan jurusan AdP UNY. Beberapa proposal magang, ia katakan, juga sudah masuk ke perusahaannya. ”Sudah saya sampaikan kepada bapak pimpinan dan responnya positif. Kami juga memberikan kesempatan kepada program studi lain,” ujarnya.

Senada, Regional Administration Support Manager Bhinneka Life Yogyakarta Taufik berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut. Bahkan pihaknya sudah siap menerima mahasiswa magang dari prodi AdP UNY. ”Kami sebenarnya sudah memberikan tantangan agar ada mahasiswa magang di tempat kami. Tapi informasinya memang belum waktunya untuk magang saat ini,” jelasnya.  

Rr Chusnu Syarifa, ketua panitia kerjasama AdP UNY dengan DUDI berharap ke depan kerjasama ini dapat berkelanjutan dan berlangsung harmonis [sigit].