Mahasiswa UNY Peduli Masyarakat melalui PIK Remaja

Yogyakarta, 1 Juli 2018. Dua mahasiswa program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNY angkatan tahun 2014 Tri Andriyati dan Desy Wulandari berhasil meraih Juara 1 dan 3 Duta GenRe DIY 2018 Jalur Masyarakat Putri yang dilaksanakan di Ramayana Ballet Purawisata.

Duta GenRe DIY dibagi menjadi 2 jalur yaitu Jalur Pendidikan dimana peserta merupakan perwakilan dari PIK-Remaja yang berada Institusi Sekolah maupun Universitas dan Jalur Masyarakat yang peserta berasal dari perwakilan PIK-Remaja di lingkungan masyarakat. PIK REMAJA singkatan dari Pusat Informasi dan konseling Remaja. Keberadaan dan peranan PIK Remaja sangat penting dalam membantu remaja mendapatkan informasi yang benar dan pelayanan konseling yang cukup dan benar tentang TRIAD KRR. Adapun yang dimaksud dengan TRIAD KRR yaitu terhindar dari pernikahan dini, seks bebas, dan NAPZA.

GenRe berarti Generasi Berencana, remaja dibentuk untuk merencanakan kehidupan masa depan dalam membina keluarga. Ajang Pemilihan Duta GenRe DIY sudah menjadi ajang tahunan yang diadakan oleh BKKBN DIY. Adapun proses pemilihan Duta GenRe DIY melalui beberapa tahap yaitu pada tahap pertama membuat buku profil PIK Remaja masing-masing beserta kelengkapan administrasi yang lain, dan video singkat yang menjelaskan kiprahnya di masyarakat. Lalu setelah melalui tahap ini dipilihlah beberapa finalis yang akan maju pada tahap selanjutnya. Di tahap kedua finalis melalui proses penampilan bakat dan presentasi kiprah di PIK-Remaja yang di saksikan seluruh finalis beserta dewan juri. Selanjutnya di tahap ketiga seluruh finalis melakukan pengabdian masyarakat di setiap Kampung KB yang berada di wilayah Kota Yogyakarta yaitu “Bakti GenRe”. Setiap kelompok bebas menentukan apa saja agenda yang akan diberikan oleh kampung tersebut. Tahap terakhir dalam pemilihan Duta GenRe DIY ini yaitu acara grand final. (TA/cs)

Salam GenRe