JURUSAN PENDIDIKAN ADMINISTRASI UNY KEMBALI MERAIH PRESTASI TINGKAT NASIONAL DALAM KOMPETISI GEBYAR ILMU PERKANTORAN SELURUH INDONESIA (GIPSI) TAHUN 2018

Yogyakarta, Minggu (9/9), Mahasiswa Jurusan Pendidikan Administrasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta kembali meraih prestasi dalam kompetisi Gebyar Ilmu Perkantoran Seluruh Indonesia (GIPSI) 2018 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Tahun ini UNY menjadi tuan rumah kegiatan GIPSI dan berhasil menjadi juara umum lagi dalam perlombaan tersebut. Tahun lalu kompetisi GIPSI diadakan di UI, dan UNY berhasil mendapatkan juara umum

Beberapa universitas yang ikut serta kegiatan GIPSI 2018 diantaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Sebelas Maret (UNS), UNY, Universitas Negeri Surabaya (UNESA), dan ASMI Santa Maria Yogyakarta. “Alhamdulillah, saya dan tim bersyukur menjadi juara dalam lomba simulasi perkantoran. Senang dan bangga karena UNY bisa menjadi juara lagi serta bisa membanggakan nama Prodi dan membuktikan jika mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran (P.ADP) itu berprestasi. Semoga, kedepannya peserta bidang lomba simulasi perkantoran akan bertambah banyak. Saya berharap ditahun depan masih terlaksana kegiatan ini karena kompetisinya bagus dan memperbanyak inovasi lomba lagi agar peminatnya bertambah serta masih berharap UNY bisa menjadi juara lagi dan tetap berpartisipasi.” Ujar Chery Kurnia Faradilla perwakilan tim dari kompetisi Simulasi Perkantoran yang mendapat juara.

“Sangat senang dan terima kasih kepada semua pihak penyelenggara GIPSI karena ini pertama bagi saya ikut serta sehingga menambah pengalaman dan ilmu baru bagi saya. Semoga ditahun depan diadakan lagi karena selain sebagai ajang kompetisi juga dapat dijadikan sebagai wadah silaturahmi dari berbagai universitas”. Ujar Siswi Widiasih, juara 2 lomba Microsoft Excel menambahkan.

Sehari sebelum pelaksanaan kompetisi, juga diselenggarakan seminar nasional yang bertempat di Digital Library Lt.4 UNY dengan tema Prospek Technopreneurship dalam Menghadapi Bonus Demografi. Seminar nasional ini dijadikan sebagai pembukaan dari rangkaian acara GIPSI dan penyambutan dari perwakilan peserta yang mengikuti GIPSI. Dengan menghadirkan pembicara Patrick Hoyoux Presdir dari PT Sydeco berkebangsaan Belgia, Agung Dwi Hartanto Koordinator dari Tirto Id Yogyakarta, Nova Suparmantom, S.Pd., M.Sc dari konsultan technopreneurship, dan Rizky Tris W seorang motivator dari IYC Creativepreneur . Suasana seminar nasional setara Internasional karena hadirnya pembicara dari luar Indonesia yakni Patrick Hoyoux.

Acara kompetisi GIPSI 2018 ditutup dengan hiburan pentas musik dan pengumuman pemenang kompetisi nasional dari semua bidang lomba. Adapun perolehan hasil dari semua kompetisi nasional yakni:

Juara grooming dan public speaking Indonesia

1. Yohana - UNY

2. Muh. Raiz - UNY

3. Laely - UNDIP

Juara Typing

1. Odilia - UNY

2. Apristya - UI

3. Aldrian - UPI

Juara English correspondence

1. Dheaz paramita-UNS

2. Ayudina - UNY

3. Nisa - UNY

Juara English public speaking

1. Fedora - UI

2. Yeni-UNY

3. Ayudina-UNY

Juara Microsoft Excel

1. Dina F-UNY

2. Siswi-UNY

3. Bekti-UNY

Juara creative resume

1. Anggi - UNY

2. Nabila-UNY

3. Andrian-UNY

Juara Creative Power Point

1. Muh. Sani - UNY

2. Andrian-UNY

3. Lindha-UNY

Juara office simulation

1. PT Kagu- S1 UNY

2. Cv nusantara - D3 UNY

3. PT Idealistationary - D3 UNY

Dengan demikian, UNY berhasil mempertahankan posisi sebagai juara umum dengan perolehan 17 medali. Sedangkan UI memperoleh 2 medali, adapun UNDIP, UPI, dan UNS masing-masing memperoleh 1 medali. Atas suksesnya acara GIPSI 2018 ini, panitia penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada universitas yang telah mendukung serta mengikuti serangkaian acara GIPSI “Kami memohon maaf apabila masih terdapat kekurangan dalam menjalankan acara tersebut. Kami masih berharap semoga GIPSI tahun depan masih terselenggara dan menjadi lebih baik dibandingkan tahun ini serta semakin banyak mahasiswa yang antusias memperebutkan prestasi dalam kompetisi tersebut.” Ujar Yahya sebagai ketua HIMA Pendidikan Administrasi Perkantoran (Ia/Cs)

Para peserta lomba GIPSI foto bersama setelah pengumunan hasil kompetisi

Para peserta Semnas berfoto bersama pembicara

Penyerahan Kenangan untuk pembicara dalam Semnas

Penyerahan Piala bergilir juara umum Kompetisi GIPSI 2018 kepada perwakilan UNY