D3 Sekretari UNY melalui SOS, Ajak bersih-bersih Pantai Glagah!

Minggu(3/12), D3 Sekretari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan acara SOS (Society of Secretary) atau bakti sosial bersih-bersih pantai yang diselenggarakan di pantai Glagah Kulon Progo. Acara ini berhasil menarik minat lebih dari 80 peserta terdiri dari mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dan beberapa perguruan tinggi DIY serta masyarakat setempat. SOS juga menarik minat para pejabat dan dosen Universitas Negeri Yogyakarta untuk memeriahkan acara tersebut. Para peserta diajak membersihkan pantai Glagah yang beberapa waktu lalu sempat terkena dampak siklon cempaka. Dalam sambutannya, Chusnu selaku dosen pembimbing kegiatan mengungkapkan acara ini merupakan acara kelas sekaligus sosial. “Semoga berguna bagi masyarakat. Selain itu, semoga menambah softskill para mahasiswa. Ini bekal yang penting bagi mahasiswa; bagaimana membuat proposal yang menarik, lobbying, negosiasi, dan lain-lain,” ujar Chusnu

“Acara SOS ini disponsori oleh banyak brand dengan sponsor utama dari Grab. Komunitas grab sendiri juga ikut datang menyaksikan dan ikut memeriahkan acara tersebut. Selain grab, ISHD (Ikatan Sport Harley Davidson), Mr. Burger, Sinar Abadi Batik, Eco Racing, shinta motor, toko sepatu simple go, kebon ndhelik, special sambal, kementerian agama, dinas pariwisata dan masih banyak sponsor lainnya. Dinas kebudayaan dengan sanggar seni tanjung sari samigaluh yang menampilkan jathilan sebagai puncak dari acara bersih pantai. Kegiatan bersih pantai SOS ini juga mendapat dukungan dari PATRA PANSEL (Paguyuban muda mudu setempat).” Ujar Ekwina selaku seksi acara.

“Acara yang berlangsung dari pukul 07.30 – 15.00 juga turut mengundang band lokal, band UNY, dance UNY serta yang terakhir pertunjukan jathilan dari Samigaluh untuk memeriahkan acara bersih pantai. Kegiatan bersih bersih pantai yang diadakan oleh D3 Sekretari UNY bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para wisatawan dan masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dengan cara membuang sampah di tempat yang sudah disediakan. Event ini juga untuk memenuhi tugas mata kuliah event organizer yang diampu oleh Rr. Chusnu Syarifa Diah Kusuma, S. A. B., M. Si.” Veronica Juli  ketua panitia SOS menambahkan.

Kegiatan bersih pantai merupakan wujud kepedulian mahasiswa UNY tehadap lingkungan yang ada di tempat wisata di Kulon Progo. Selain itu dalam event ini panitia SOS juga memberikan tempat sampah sebagai wujud nyata aksi kepedulian mahasiswa. Aksi bersih pantai ini mendapatkan banyak apresiasi positif dari masyarakat umum, dosen UNY dan pejabat tinggi di Kulon Progo. Salah satu dosen P. ADP yang turut ikut mengapresiasi kegiatan ini Ibu Muslikhah D. Hartanti, M. Pd. Beliau menyampaikan pesan moral "Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang kalian adakan, saya bangga dengan kalian semua yang sudah mengemas acara ini dengan sangat begitu bagus dan semoga kelak adik tingkat kalian dapat mengikuti jejak kalian dengan membuat event organizer yang lebih kretaif dan lebih menarik lagi." (Misch/Cs)