AKSI DONOR DARAH DAN PEMILIHAN PUTRA-PUTRI SEHAT UNY KAMPUS WATES

D3 Sekretari UNY angkatan 2015 menggelar aksi donor darah untuk menyambut hari kesehatan Nasional ke-53 yang jatuh pada tanggal 12 November 2017. Selain aksi donor darah D3 sekretari UNY juga melaksanakan rangkaian acara pemilihan putra-putri sehat UNY Kampus Wates 2017. Kegiatan donor darah dan pemilihan putra-putri sehat dilakukan di hall UNY Kampus Wates, selasa (7/11) bekerja sama dengan PMI Kulonprogo.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswi D3 Sekretari ini setidaknya lebih dari 70 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Para peserta terdiri dari mahasiswa, karyawan, dan masyarakat di lingkungan kampus Wates.

“Sebagian besar dari peserta yang mendaftar rata-rata banyak yang lolos, dan sebagian kecil yang tidak lolos disebabkan tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat.” Jelas, , Petugas PMI.

Mega Ulfa Baity, ketua panitia aksi donor darah dan pemilihan putra-putri sehat mengatakan kegiatan donor darah dan pemilihan putra-putri sehat ini diadakan oleh D3 Sekretari angkatan 2015. Selain dalam rangka menyambut hari Kesehatan Nasional yang ke-53 juga untuk memenuhi tugas mata kuliah Event Organizer yang diampu oleh Rr. Chusnu Syarifa Diah Kusuma, S.A.B., M.Si.

“Kegiatan donor darah merupakan wujud kepedulian UNY Kampus Wates terhadap stok darah di PMI Kulonprogo. Selain itu kami mengadakan pemilihan putra-putri sehat UNY Kampus Wates yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran untuk hidup sehat di kalangan mahasiswa UNY Kampus Wates dan sebagai ajang pencarian bakat.” Ujarnya.

Aksi donor darah ini mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat umum. Salah satunya Yessinta Ayu, Siswi SMA Sedayu yang baru pertama kali melakukan donor darah. Ia mengaku awalnya takut, namun setelah darahnya diambil ia merasa biasa saja.

“Semoga darahnya dapat bermanfaat bagi orang yang membutuhkan dan semoga lain waktu dapat mengikuti aksi donor darah lagi.” Harapnya.

Tidak hanya donor darah, D3 Sekretari juga mengadakan pemilihan putra-putri sehat UNY Kampus Wates 2017. Terdapat 3 tahap seleksi yaitu tes kebugaran, tes kesehatan, dan fashion show. Peserta putra-putri sehat yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi UNY Kampus Wates angkatan 2016 dan 2017. Pada tes kebugaran peserta disisihkan 10 orang (5 putra dan 5 putri) untuk maju ke babak final tanggal 07 November 2017. Di babak final mereka mengikuti tes kesehatan yang dibantu oleh petugas PMI dan Fashion Show. Selanjutnya tahap terakhir untuk menyisihkan 3 putra dan 3 putri untuk memasuki sesi tanya jawab yang langsung dinilai oleh ketiga juri yaitu Muhammad Tri Santoso, Michelle I.P selaku perwakilan panitia dan Diajeng Kulonprogo 2017. Pemenang diumumkan pukul 16.00 WIB. Havid Aji Persada D3 Manajemen Pemasaran 2016 sebagai juara 1 putra sehat dan Hinin Alizya Haznah D3 Sekretari 2017 sebagai juara 1 putri sehat.

“Kesan saya selama mengikuti kegiatan pemilihan putra putri sehat dari awal sampai akhir sangat mengesankan, ternyata banyak sekali manfaat dan pengalaman yang saya rasakan dari tes kebugaran, sampai dengan masuk ke 5 besar finalis itu sebuah kebanggan apalagi saya diberi kesempatan menjadi Juara 1 Putri Sehat UNY Kampus Wates 2017 ini. Dan pesan saya semoga acara Donor Darah dan Pemilihan Putra Putri UNY Kampus Wates 2017 ini dapat terus diadakan setiap tahunnya dan lebih baik lagi.” Ujar Hinin. (Mg/Cs)